BELAJAR SKATEBOARD



Skateboard adalah jenis olahraga ekstrem. Seseorang harus memahami dengan baik teknik skateboard agar bisa memainkannya tanpa harus membahayakan keselamatan. Belajar mengenai teknik skateboard bagi pemula memang terbilang susah-susah gampang, tapi jika diperhatikan dengan baik, bukan tidak mungkin, teknik skateboard akan dikuasai dengan mudah.

Nama olahraga ini merujuk pada nama peralatan yang dipakai, yakni sebuah papan dengan empat roda yang digunakan untuk meluncur. Pertama kali dikenal pada masyarakat remaja Amerika, lalu mendunia. Bahkan, ada yang menganggap skateboard sebagai gaya hidup. Teknik skateboard pun menjadi sebuah teknik olahraga yang cukup banyak dipelajari.
Tidak berbeda jauh dengan olahraga yang lain. Saketboard memiliki teknik yang memang harus dipelajari. Teknik skateboard yang dipelajari umumnya memang terkesan sulit bagi para pemula. Semua itu wajar, karena bukan hanya teknik bermain skateboard saja yang sulit. Apapun pasti akan cukup culit bagi mereka yang memang baru memulai.
Prinsipnya hanya satu, pantang menyerah dan berlatihlah dengan rajin. Maka, teknik skateboard yang terkesan sulit itu akan sangat mudah. Satu hal lagi yang harus diingat bahwa sebuah proses itu penting. Agar manusia dapat terus belajar dalma hidupnya. Begitupun dengan belajar untuk menaklukkan jalanan dengan papan beroda ini.

Teknik Skateboard – Mengenal Skateboard

Sebelum benar-benar mengetahui teknik skateboard yang benar, ada baiknya jika Anda mengenal bagian dari olahraga ini terlebih dahulu. Olahraga skateboard menggunakan papan beroda sebagai sarana utamanya. Papan beroda ini biasa juga disebut sebagai papan skateboard.
Papan skateboard memiliki lengkungan di bagian ujung, biasanya terbuat dari kayu mapple. Satu papan biasanya tersusun dari 4-7 lapisan kayu mapple yang dipress sedemikian rupa sehingga kokoh. Roda dikaitkan ke papan tersebut dengan perangkat yang disebut trucks. Harga jualnya bervariasi, dari 250 ribu hingga satu juta lebih untuk satu set. Kualitas papan skateboard sama sekali tidak memengaruhi seseorang dalam memahami bagaimana teknik skateboard yang benar.

Salah satu teknik skateboard adalah bagaimana menggerakkan papan tersebut. Dalam olahraga ini, tenaga pacu papan skateboard berasal dari gaya dorong pemakainya. Maka, seorang pemain skateboard, sebelum benar-benar meluncur di atas papan, maka satu kakinya menginjak lantai dan mendorong skateboard dengan cara menolak lantai.
Memanfaatkan gaya gravitasi dengan cara menempatkan papan skateboard pada bidang miring juga bisa dilakukan, lalu pemain skateboard berdiri di atasnya. Teknik tersebut merupakan teknik skateboard yang paling dasar. Sebelum melanjutkan pada teknik skateboard selanjutnya, Anda harus sudah lebih dulu menguasai teknik skateboard yang satu itu.

Teknik Skateboard – Skateboard Olahraga Mengasyikkan

Walaupun di beberapa kalangan di Indonesia, olahraga ini sudah cukup populer, namun banyak juga yang memandang sebelah mata. Padahal, kalau sudah mendalami olahraga ini, bisa-bisa seseorang akan kecanduan. Sebab, skateboard sebagai olahraga individual ini sangat menantang dan mengasyikkan. Teknik skateboard memungkinkan pemainnya untuk beratraksi sekaligus berolahraga.

Paling tidak, ada lima teknik skateboard dasar  yang memiliki peran dalam permainan skateboard, yaitu: kecepatan dan kualitas tenaga dorong, teknik, berdiri, melompat di atas papan, dan memutar papan dengan gerakan akrobatik. Seorang pemula harus bisa menguasai teknik-teknik dasar tersebut baru bisa melakukan atraksi-atraksi lainnya.

Teknik Skateboard – Persiapan

Bermain skateboard harus hati-hati. Karena itu, lakukan persiapan dengan baik. Gunakan perlengkapan-perlengkapan standard untuk menjamin keamanan. Mempersiapkan segala sesuatunya sebelum benar-benar meluncur, juga termasuk dalam teknik skateboard dasar.

Pertama adalah sepatu. Memang ada sepatu khusus untuk bermain skateboard, tapi kita bisa juga menggunakan sepatu biasa sepanjang sepatu tersebut memenuhi kebutuhan standard permainan ini. 

Sepatu skateboard memiliki alas yang datar dan lebar agar memiliki daya rekat yang lebih kuat terhadap papan. Biasanya terdapat fitur tambahan lain yang membedakan sepatu ini dengan sepatu biasa. 

Kedua adalah helm. Helm sangat penting karena bermain skateboard rawan jatuh. Memang, untuk beberapa kalangan, bermain skateboard tanpa helm dianggap lebih macho dan menantang adrenalin. Tapi, jangan terprovokasi dengan hal semacam ini. Kita tidak akan terlihat penakut hanya karena mengenakan helm saat bermain skateboard. 

Ketiga adalah perlengkapan tambahan, seperti pelindung siku, pelindung lutut, sarung tangan, dan pakaian olahraga yang menjamin gerak leluasa, dan tentu saja menyerap keringat. 

Perlengkapan standard tersebut bersifat memperkecil resiko kecelakaan yang tidak diinginkan. Tidak ada satu pun dari peralatan tersebut yang menjamin keselamatan, sebab kita sendirilah yang menjaminnya, yakni dengan cara bermain hati-hati. Teknik skateboard yang bagus akan melindungi pemainnya dengan sempurna.

Teknik Skateboard – Mulai Bermain

Selesai mempersiapkan perlengkapan, teknik skateboard selanjutnya adalah mulai bermain. Pertama kali yang harus kita pelajari dalam teknik skateboard selanjutnya adalah bagaimana berdiri di atas skateboard.

Teknik skateboard pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan keseimbangan. Latih keseimbangan dengan baik. Pijakkan kaki di atas lubang baut yang terdapat di bagian atas papan. Baut itu menghubungkan dengan roda. 
Jadi dengan kata lain, kita berdiri tepat di atas roda. Teknik skateboard seperti ini cocok untuk pemula yang masih belajar keseimbangan. Kalau sudah mahir, tentu saja tidak masalah mau meletakkan kaki di mana asalkan keseimbangannya bisa diperoleh. 

Setelah itu, mulailah teknik skateboard selanjutnya. Cobalah  menggerakkan skateboard. Gunakan satu kaki untuk menolak lantai. Skateboard pelan-pelan akan meluncur. Ikuti gerakan skateboard tersebut dengan tetap menjaga keseimbangan.

Teknik Skateboard – Teknik Meluncur

Jika sudah merasa seimbang, maka teknik skateboard selanjutnya adalah mulai meluncur. Meluncur di atas papan skateboard gampang-gampang susah. Kalau tenaga dorong sudah mencukupi, angkat kaki yang menolak lantai, dan sekarang kedua kaki benar-benar berada di atas papan skateboard. Ikuti terus gerakan papan dengan tetap menjaga keseimbangan. 

Dibutuhkan keseriusan dan ketekunan untuk dapat menjalankan teknik skateboard ini. Terutama momentum saat kaki pendorong diangkat, dan tubuh berada di atas skateboard secara sempurna. Setelah ini kita kuasai dengan baik, barulah kita belajar bagaimana cara mengendalikan gerakan skateboard. 

Dalam teknik skateboard, ada dua cara berdiri di atas skateboard, yaitu Goofy stance dan Regular stance. Goofy stance menggunakan kaki kanan di depan papan, sedangkan Regular stance sebaliknya, menggunakan kaki kiri di bagian depan papan.

Teknik Skateboard – Teknik Berbelok dan Mengerem

Kalau sudah mahir dalam teknik skateboard meluncur, saatnya untuk belajar membelokkan papan. Bagaimana tekniknya? Gampang, gunakanlah bagian depan papan skateboard, sedangkan bagian belakang digunakan untuk mengatur keseimbangan.
Inilah perlunya kita memahami teknik skateboard yang tepat untuk kita, apakah Goofy stance atau Regular stance. Sebab, masing-masing kaki memiliki peran yang penting dalam permainan ini. 

Teknik skateboard mengerem juga benar-benar harus kita pahami. Caranya adalah  menurunkan kaki belakang ke lantai. Sebenarnya banyak teknik yang bisa dikembangkan, namun teknik skateboard inilah yang palin cocok untuk pemula. Ingat, kaki belakang yang diturunkan. Kalau kaki depan, biasanya akan mengakibatkan kita terjungkal, seperti halnya kalau kita turun kendaraan umum menggunakan kaki kanan. 

Teknik skateboard untuk pemula ini akan membantu Anda dalam bermain skateboard. Memelajari teknik skateboard dasar akan membawa Anda pada teknik skateboard yang selanjutnya. Perhatikan dengan baik, agar teknik skateboard dapat benar-benar Anda pahami.

walau pun bisa di pelajari perlu ketekunan dan rutin untuk latihan.. jadi semua kembali pada diri kita sendiri..
terimakasih smoga bermanfaat..
salam skate.. :)


1 komentar to "BELAJAR SKATEBOARD"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

TRANSLITE

VISITOR

free counters

Popular Posts

Followers

About This Blog

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Pages

Web hosting for webmasters